IDENTIFIKASI KOMPONEN MINYAK ATSIRI DALAM EKSTRAK HEKSANA DARI RIMPANG LENGKUAS PUTIH (Alpinia galanga) SECARA KROMATOGRAFI GAS - SPEKTROSKOPI MASSA (GC-MS)

Susanti, Lilis (2011) IDENTIFIKASI KOMPONEN MINYAK ATSIRI DALAM EKSTRAK HEKSANA DARI RIMPANG LENGKUAS PUTIH (Alpinia galanga) SECARA KROMATOGRAFI GAS - SPEKTROSKOPI MASSA (GC-MS). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (12kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar minyak atsiri dan identifikasi komponen-komponen senyawa yang terkandung dalam ektsrak heksana rimpang lengkuas putih (Alpinia galanga). Ekstraksi dilakukan dengan dua cara yaitu maserasi dengan pelarut heksana dan distilasi uap. Ekstrak heksana hasil maserasi disaring dan diperoleh fraksi heksana sedangkan distilat hasil distilasi uap dipisahkan dengan ekstraksi pelarut menggunakan pelarut heksana sehingga diperoleh fraksi heksana. Fraksi heksana hasil maserasi dan distilasi uap dievaporasi dengan evaporator Buchii dan ditambah Na2SO4 anhidrat untuk menghilangkan sisa air dan disaring. Minyak atsiri hasil evaporasi selanjutnya dianalisis menggunakan kromatografi gas-spektroskopi massa (GC-MS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar minyak atsiri rimpang lengkuas hasil maserasi dan distilasi uap berturut-turut adalah 0,066 % b/b dan 0,007 % b/b. Hasil analisis dengan GC-MS diperoleh informasi minyak atsiri rimpang lengkuas hasil maserasi tersusun dari 17 senyawa. Dari 17 senyawa, empat diantaranya dapat diidentifikasi yaitu 1,8-sineol, 7,11-dimetil-3-metilen-1,6,10-dodekatriena, β-bisabolena dan 1,2-dimetoksi-4-(2-propenil)-benzena. Sedangkan minyak atsiri hasil distilasi uap tersusun dari 14 senyawa, tiga diantaranya dapat diidentifikasi yaitu 1,8-sineol, terpinen-4-ol dan neril asetat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 May 2015 03:28
Last Modified: 29 Jan 2019 22:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18328

Actions (login required)

View Item View Item