Pengembangan Modul Fisika Berbasis CTL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah

Rinsiyah, Iis (2015) Pengembangan Modul Fisika Berbasis CTL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-iis-rinsiyah-13708259001.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul fisika berbasis CTL yang layak untuk kegiatan pembelajaran fisika pada siswa madrasah aliyah, dan (2) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa menggunakan modul fisika berbasis CTL yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Uji coba modul dilakukan di MAN Yogyakarta 3 pada semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Uji lapangan menggunakan desain pretest-posttest control group design. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 62 orang siswa kelas X MIPA MAN Yogyakarta 3. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari lembar validasi ahli, angket respon siswa, lembar observasi keterampilan proses sains dan sikap ilmiah, soal tes keterampilan proses sains dan angket sikap ilmiah. Statistik deskriptif berupa tabel dan diagram digunakan untuk menganalisis validitas modul dan analisis gain skor untuk menganalisis peningkatan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah. Penelitian ini menghasilkan: (1) modul fisika berbasis CTL yang dikembangkan sangat layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran fisika pada siswa madrasah aliyah menurut penilaian ahli dan siswa pada kategori penilaian sangat baik, dan (2) ada peningkatan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa menggunakan modul fisika berbasis CTL yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul fisika berbasis CTL, keterampilan proses sains, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 May 2015 06:18
Last Modified: 09 May 2019 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18326

Actions (login required)

View Item View Item