Kontribusi Motivasi, Penguasaan Informasi, dan Persepsi Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Negeri Yogyakarta tentang Kurikulum 2013 terhadap Kesiapan Implementasi pada Pembelajaran

Hasriani, Ayu (2015) Kontribusi Motivasi, Penguasaan Informasi, dan Persepsi Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Negeri Yogyakarta tentang Kurikulum 2013 terhadap Kesiapan Implementasi pada Pembelajaran. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ayu-hasriani-13708251063.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi langsung dan tidak langsung dari motivasi, penguasaan informasi, dan persepsi mahasiswa pendidikan kimia tentang Kurikulum 2013 terhadap kesiapan implementasinya pada pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian expost facto. Sampel penelitian ini berjumlah 71 mahasiswa Pendidikan Kimia FMIPA UNY semester 5 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket, penilaian antar teman, dan tes, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis jalur. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Motivasi dan penguasaan informasi berkontribusi secara tidak langsung terhadap kesiapan implementasi kurikulum pada pembelajaran sebesar 20,2%, yang mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh motivasi dan penguasaan informasi terhadap persepsi. Analisis secara individu menunjukkan penguasaan informasi berkontribusi lebih dominan dari pada motivasi terhadap persepsi. 2) Motivasi, penguasaan informasi, dan persepsi mahasiswa pendidikan kimia tentang Kurikulum 2013 berkontribusi langsung terhadap kesiapan implementasi kurikulum pada pembelajaran sebesar 54,8%. Hal ini berarti bahwa sebagian besar kesiapan mahasiswa untuk mengimplementasikan kurikulum dipengaruhi oleh motivasi, penguasaan informasi, dan persepsi mahasiswa tentang kurikulum. Informasi yang diperoleh mahasiswa tentang Kurikulum 2013 membentuk persepsi mahasiswa yang berpengaruh pada kesiapan implementasi kurikulum tersebut pada pembelajaran. Untuk itu, optimalisasi kesiapan mahasiswa dapat dilakukan dengan memberikan dorongan dan bimbingan akademik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi, penguasaan informasi, persepsi, implementasi kurikulum
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 May 2015 06:18
Last Modified: 09 May 2019 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18322

Actions (login required)

View Item View Item