PENGARUH MASSA ADSORBEN, WAKTU ADSORPSI DAN KONSENTRASI PEWARNA TERHADAP EFISIENSI ADSORPSI ARANG AKTIF PADA PEWARNA DIRECT BROWN TEKNIS

Windra, - (2011) PENGARUH MASSA ADSORBEN, WAKTU ADSORPSI DAN KONSENTRASI PEWARNA TERHADAP EFISIENSI ADSORPSI ARANG AKTIF PADA PEWARNA DIRECT BROWN TEKNIS. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGARUH MASSA ADSORBEN.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh massa adsorben, menentukan waktu adsorpsi optimum dan pengaruh konsentrasi pewarna terhadap efisiensi adsorpsi arang aktif pada pewarna direct brown teknis serta mengetahui gugus fungsi yang terdapat dalam pewarna direct brown teknis. Subjek dalam penelitian ini adalah arang aktif dari batok kelapa, sedangkan objek penelitian ini adalah efisiensi adsorpsi arang aktif terhadap zat pewarna direct brown teknis. Pengaktifan arang batok kelapa dilakukan dengan cara memanaskan dalam muffle selama 1 jam pada suhu 400 oC. Setelah itu, adsorpsi pewarna dilakukan dengan memvariasi massa arang aktif, waktu adsorpsi dan konsentrasi pewarna direct brown teknis. Efisiensi adsorpsi dinyatakan dalam bentuk konsentrasi teradsorpsi dibagi konsentrasi mula-mula larutan dan dikalikan 100 %. Konsentrasi pewarna diukur dengan spektroskopi ultraviolet-visibel dan untuk mengetahui gugus fungsinya dianalisis menggunakan spektroskopi inframerah. Semakin banyak massa adsorben semakin besar efisiensi adsorpsi arang aktif terhadap pewarna, waktu adsorpsi optimum adalah 4 jam, semakin banyak konsentrasi pewarna semakin kecil efisiensi adsorpsi arang aktif terhadap pewarna. Spektra IR dari arang aktif sebelum dan sesudah adsorpsi menunjukan penambahan dua puncak yaitu benzene orto dan alkena. Gugus fungsi yang terdapat pada senyawa direct brown teknis adalah OH dari air, alkena, OH terhidrasi, sulfat, fosfat, eter, benzena distribusi orto.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 May 2015 03:24
Last Modified: 29 Jan 2019 22:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18321

Actions (login required)

View Item View Item