Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Creative Thinking Skills dan Work Creatively With Others Siswa SMP

Wibowo, Andi (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Creative Thinking Skills dan Work Creatively With Others Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andi-wibowo-13708251082.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kelayakan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri dan efektivitas perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri untuk meningkatkan creative thinking skills dan work creatively with others siswa SMP. Penelitian ini merupakan research & development yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian ini meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) revisi pertama, (5) uji coba lapangan pendahuluan, (6) revisi kedua, (7) uji coba lapangan utama, (8) revisi produk akhir, dan (9) diseminasi. Uji coba lapangan pendahuluan menggunakan one-group pretest-postest design, sedangkan uji coba lapangan utama menggunakan pretest-postest control group design. Subjek uji coba produk yaitu siswa kelas VII A SMPN 14 Yogyakarta, siswa VII C dan VII D SMPN 1 Piyungan. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, angket, dan tes. Intrumen pengambilan data meliputi lembar observasi, lembar angket, dan soal tes. Lembar angket validasi dan lembar angket keterbacaan LKS digunakan untuk mengukur kelayakan perangkat pembelajaran. Soal pretes-postes dan lembar penilaian proyek digunakan untuk mengukur creative thinking skills. Lembar angket, lembar observasi, dan lembar penilaian antarteman digunakan untuk mengukur work creatively with others. Kelayakan perangkat pembelajaran dianalisis dengan konversi skor menggunakan skala 4. Efektivitas perangkat pembelajaran untuk meningkatkan creative thinking skills dan work creatively with others saat uji coba lapangan pendahuluan, dianalisis dengan paired-samples t test, gain score, dan persen peningkatan, sedangkan pada waktu uji coba lapangan utama dianalisis dengan multivariate analysis of covariance (mancova), gain score, dan persen peningkatan. Hasil penelitian ini berupa produk perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri pada tema “Kalor dan Pengaturan Suhu Tubuh”. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini layak digunakan dalam pembelajaran IPA. Hasil uji coba lapangan pendahuluan dan uji coba lapangan utama menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran efektif meningkatkan creative thinking skills dan work creatively with others siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran IPA, inkuiri, creative thinking skills, work creatively with others
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 May 2015 06:18
Last Modified: 09 May 2019 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18318

Actions (login required)

View Item View Item