ANALISIS MATERI TATA BAHASA DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS

Isnan, Faisal (2014) ANALISIS MATERI TATA BAHASA DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Faisal Isnan 09201244071.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Buku ajar merupakan salah satu bahan ajar tertulis yang digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Pada tahun 2008, pemerintah mulai meluncurkan Buku Sekolah Elektronik (BSE) untuk mendukung ketersediaan buku ajar yang murah dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model penyampaian materi tata bahasa, cakupan materi tata bahasa, dan kesesuaian materi tata bahasa dengan kurikulum KTSP pada BSE mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMA yang disajikan dalam format BSE dan dapat diakses di http://bse.kemdikbud.go.id. Data diperoleh dengan menggunakan teknik membaca dan mencatat. Data dianalisis dengan teknik analisis konten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konten deskriptif. Penyampelan BSE menggunakan teknik simple random sampling, karena di antara populasi BSE memiliki karakteristik yang homogen. BSE yang digunakan berjumlah 15, yang terdiri dari 5 BSE pada kelas X, 5 BSE pada kelas XI, dan 5 BSE pada buku kelas XII. Penelitian ini menghasilkan tiga simpulan. Pertama, model penyampaian materi tata bahasa ada dua model, yaitu pendekatan deduktif dan pendekatan induktif. Pendekatan deduktif digunakan pada materi fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Pendekatan induktif digunakan pada materi morfologi, sintaksis, dan semantik. Kedua, cakupan materi tata bahasa dalam BSE Bahasa Indonesia SMA terdiri dari materi fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Fonologi dibagi menjadi satu submateri, yaitu membedakan fonem bahasa Indonesia. Morfologi dibagi menjadi lima submateri, yaitu afiksasi, reduplikasi, proses pemajemukan, mengidentifikasi proses morfologis, serta kata dan penggunaannya. Sintaksis dibagi menjadi tiga submateri, yaitu frasa, klausa, dan kalimat. Semantik dibagi menjadi dua submateri, yaitu jenis-jenis semantik serta perubahan dan pergeseran makna. Ketiga, kesesuaian materi tata bahasa dengan kurikulum KTSP berupa materi fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik yang dapat masuk pada Standar Kompetensi-Kompetensi Dasar (SK KD) tertentu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BSE, buku ajar, materi tata bahasa
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 May 2015 03:58
Last Modified: 29 Jan 2019 22:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18294

Actions (login required)

View Item View Item