KEEFEKTIFAN METODE TEAM PRODUCT DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERPIDATO PERSUASIF SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KARANGANYAR KEBUMEN

Yuniarti, Eva (2014) KEEFEKTIFAN METODE TEAM PRODUCT DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERPIDATO PERSUASIF SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KARANGANYAR KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Eva Yuniarti 10201244010.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perbedaan keterampilan berpidato persuasif antara kelompok siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode Team Product dan kelompok siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode ceramah. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode Team Product dalam pembelajaran berpidato persuasif siswa kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar Kebumen. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan control group pretest posttest design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa metode Team Product dan variabel terikat yang berupa keterampilan berpidato persuasif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar Kebumen. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas X AK 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X AK 2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, yang berupa tes unjuk kerja keterampilan berpidato. Dari hasil uji normalitas sebaran data diperoleh nilai p pretest kelompok kontrol 0,094, p pretest kelompok eksperimen 0,486, p posttest kelompok kontrol 0,347, dan p posttest kelompok eksperimen sebesar 0,284. Nilai p > 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semua data penelitian ini berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas diperoleh nilai p skor pretest sebesar 0,93 dan p skor posttest sebesar 0,85. Nilai p > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada nilai posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa skor thitung sebesar 3,194, ttabel sebesar 1,997 dan db 66 serta p sebesar 0,002. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% maka signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan berpidato persuasif antara kelompok yang mendapat pembelajaran berpidato persuasif menggunakan metode Team Product dengan kelompok yang mendapat pembelajaran berpidato persuasif menggunakan metode ceramah (thitung = 3,194 > ttabel (0,05) = 1,997) dan (2) metode Team Product efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan berpidato persuasif siswa kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar Kebumen (thitung = 3,636 > ttabel (0,05) = 1,997).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Metode Team Product, Keterampilan Berpidato Persuasif
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 May 2015 01:52
Last Modified: 29 Jan 2019 22:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18293

Actions (login required)

View Item View Item