KEEFEKTIFAN METODE ENAM TOPI BERPIKIR DALAM PEMBELAJARAN DISKUSI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SLEMAN

Handayani, Dyah Wuri (2014) KEEFEKTIFAN METODE ENAM TOPI BERPIKIR DALAM PEMBELAJARAN DISKUSI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dyah Wuri Handayani 10201241049.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan keterampilan diskusi yang signifikan antara siswa kelas X SMA Negeri 2 Sleman yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode enam topi berpikir dan siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode penugasan; (2) menguji keefektifan metode enam topi berpikir dalam pembelajaran diskusi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan rancangan control group pretest posttest design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa metode enam topi berpikir dan variabel terikat berupa keterampilan diskusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Sleman. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas X-D sebagai kelompok kontrol dan kelas X-B sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, yaitu berupa tes keterampilan diskusi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Penghitungan data dengan menggunakan teknik statistik uji-t. Simpulan penelitian ini berdasarkan hasil penghitungan statistik dengan uji-t adalah: (1) terdapat perbedaan keterampilan diskusi yang signifikan antara siswa kelas X SMA Negeri 2 Sleman yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode enam topi berpikir dan siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode penugasan (dibuktikan dengan nilai p sebesar 0,041 (p < 0,05)); (2) metode enam topi berpikir efektif digunakan dalam pembelajaran diskusi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Sleman (dibuktikan dengan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05)).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode enam topi berpikir, pembelajaran diskusi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 May 2015 01:45
Last Modified: 29 Jan 2019 22:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18290

Actions (login required)

View Item View Item