PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BERSASTRA DI SMA NEGERI 3 BANTUL

Widowati, Dyah Ayu (2014) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BERSASTRA DI SMA NEGERI 3 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dyah Ayu Widowati 10201241035.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran bersastra dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI SMAN 3 Bantul, hasil kegiatan bersastra siswa, kesan guru dan siswa terhadap kegiatan bersastra dalam pembelajaran bahasa Indonesia, fasilitas dari sekolah berkenaan dengan kegiatan bersastra siswa, dan upaya guru juga sekolah dalam meningkatkan kegiatan bersastra siswa kelas XI. Penelitian berjenis deskriptif kualitatif, dengan menggunakan satu kelas sebagai subjek penelitian. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil analisis data kualitatif kemudian disimpulkan sesuai permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kegiatan menyimak sastra hanya berupa pembacaan teks cerpen, (2) kegiatan berbicara sastra hanya berupa kegiatan membaca teks cerpen kemudian menjawab soal, (3) kegiatan membaca sastra hanya membaca satu teks hikayat, (4) kegiatan menulis sastra hanya menulis resensi novel bebas. Kegiatan bersastra siswa kelas XI khususnya XI IPA 2 SMAN 3 Bantul hanya dilakukan pada saat pembelajaran bahasa Indonesia. Terdapat perbedaan antara rancangan pembelajaran yang terdapat di dalam dokumen guru dengan kegiatan bersastra yang berlangsung. Keadaan tersebut menurut guru bahasa Indonesia disebabkan antara lain keterbatasan waktu, keterbatasan sarana dan prasarana, dan pemahaman guru mengenai unsur-unsur sastra yang terdapat beberapa kesamaan. Guru tidak mengadakan evaluasi susulan, remidi, maupun pengayaan bagi siswa terkait dengan kegiatan bersastra. Tidak terdapat kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan kegiatan bersastra. Keberadaan dan fungsi fasilitas berupa perpustakaan, stage, dan mading belum dimaksimalkan oleh pihak sekolah dan guru.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kegiatan bersastra, pembelajaran bahasa Indonesia
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 May 2015 01:42
Last Modified: 29 Jan 2019 22:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18289

Actions (login required)

View Item View Item