PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID MAGELANG

Riswanti, Dian Desi (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dian Desi Riswanti 10201244060.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan diskusi siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kota Mungkid Magelang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op, peningkatan dapat dilihat secara proses maupun secara produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kota Mungkid Magelang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B yang terdiri atas 31 siswa. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, angket, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes keterampilan berdiskusi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, lembar observasi, pedoman wawancara, tes berdiskusi, catatan lapangan, dan lembar penilaian keterampilan diskusi siswa. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas demokratik, validitas proses, validitas dialogis, dan validitas hasil. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kota Mungkid Magelang. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari kualitas proses pembelajaran yang tercermin dari kesadaran kelompok, perhatian siswa terhadap pembelajaran, keaktifan siswa, proses belajar, dan kesempatan berbicara. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari skor rata-rata keterampilan diskusi dari pratindakan sampai siklus III. Pada pratindakan, skor rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 16,97, kemudian meningkat menjadi 26,97 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 34,76 pada siklus II. Peningkatan yang terakhir terjadi pada siklus III yaitu menjadi sebesar 40,53. Peningkatan skor rata-rata dari siklus I hingga siklus III sebesar 13,56 sedangkan skor rata-rata kelas dari pratindakan hingga siklus III sebesar 23,58.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berdiskusi, model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 May 2015 01:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18288

Actions (login required)

View Item View Item