PENGARUH pH , DAN WAKTU ELEKTRODEPOSISI TERHADAP EFISIENSI ELEKTRODEPOSISI ION PERAK(I) DALAM LIMBAH CAIR ELEKTROPLATING DENGAN AGEN PEREDUKSI ASETON

Eforina,, Yuliani (2013) PENGARUH pH , DAN WAKTU ELEKTRODEPOSISI TERHADAP EFISIENSI ELEKTRODEPOSISI ION PERAK(I) DALAM LIMBAH CAIR ELEKTROPLATING DENGAN AGEN PEREDUKSI ASETON. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
artikel aseton.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pH larutan, dan waktu elektrodeposisi terhadap efisiensi elektrodeposisi ion Ag(I) dalam limbah cair elektroplating serta pengaruh aseton terhadap karakteristik deposit Ag. Subjek penelitian ini adalah ion Ag(I) dalam limbah cair elektroplating. Objeknya adalah efisiensi elektrodeposisi ion Ag(I) dalam limbah cair elektroplating. Proses elektrodeposisi dilakukan dengan variasi pH larutan; dan waktu elektrodeposisi. Filtrat hasil elektrodeposisi dianalisis dengan menggunakan metode Spektrofotometri Serapan Atom untuk memperoleh konsentrasi ion Ag(I) sisa. Kualitas deposit Ag ditentukan dengan pengamatan secara visual. Struktur kristal hasil elektrodeposisi ditentukan dengan metode Difraksi Sinar-X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Semakin tinggi pH larutan, maka semakin besar efisiensi elektrodeposisi ion Ag(I). pH optimal adalah pH 9 dengan efisiensi elektrodeposisi 86,37 %. Semakin lama waktu elektrodeposisi maka semakin tinggi efisiensi elektrodeposisi ion Ag(I), dan terjadi perubahan pada tingkat kekristalan deposit Ag hasil elektrodeposisi. Penambahan agen pereduksi aseton memberikan pengaruh negatif secara visual terhadap permukaan deposit karena permukaan deposit semakin rapuh, dan jumlah Ag(I) yang terdeposit lebih sedikit. Kata kunci : ion Ag(I), elektrodeposisi, aseton, limbah cair elektroplating.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 May 2015 02:45
Last Modified: 29 Jan 2019 22:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18287

Actions (login required)

View Item View Item