KEEFEKTIFAN STRATEGI FIND THE FEATURES DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN

Saputri, Cintiya Ayu (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI FIND THE FEATURES DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cintiya Ayu Saputri 10201244031.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman cerpen antara peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi find the features dan peserta didik yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi find the features pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan, Sleman; (2) menguji keefektifan strategi find the features dalam pembelajaran membaca pemahaman cerpen pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan, Sleman. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIIA sebagai kelompok kontrol dan kelas VIIB sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu pretes dan postes. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan bahwa instrumen tersebut reliabel, yaitu diperoleh r = 0,614 untuk soal uraian pretes dan r = 0,693 untuk soal uraian postes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat ditarik simpulan yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman cerpen antara peserta didik yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman cerpen dengan menggunakan strategi find the features dengan peserta didik yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman cerpen tanpa menggunakan strategi find the features pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan, Sleman; (2) strategi find the features terbukti efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman cerpen pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan, Sleman. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil penghitungan uji-t postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh thitung 3,596 dengan nilai p 4,75 dan kenaikan skor rerata kelompok kontrol 1,57.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi find the features, membaca pemahaman cerpen
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 May 2015 01:34
Last Modified: 29 Jan 2019 22:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18286

Actions (login required)

View Item View Item