KEEFEKTIFAN METODE KELOMPOK INVESTIGASI DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SLEMAN, YOGYAKARTA

Widyaningsih, Ayuning Tyas (2014) KEEFEKTIFAN METODE KELOMPOK INVESTIGASI DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ayuning Tyas Widyaningsih 10201241047.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode kelompok investigasi dengan yang tanpa menggunakan metode kelompok investigasi serta menguji keefektifan penggunaan metode kelompok investigasi dalam pembelajaran memahami teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain random, pretest, posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sleman. Dari kelas VII A, B, C, D, E, F dan G, terpilih kelas VII E sebagai sampel penelitian kelompok eksperimen dan kelas VII F sebagai kelompok kontrol. Penentuan sampel penelitian kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan dengan teknik Random Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian diperoleh dari instrumen tes berupa tes memahami teks eksplanasi berbentuk pilihan ganda. Butir soal yang digunakan untuk kegiatan prates sama dengan pascates berjumlah 20 soal. Validitas yang digunakan adalah validitas isi yang disesuaikan dengan kurikulum 2013 serta dengan expert judgement. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan koefisien reliabilitas tes 0,880. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data berupa uji normalitas sebaran data dan homogenitas varian. Dari hasil tersebut terbukti bahwa skor prates dan pascates kedua kelompok normal dan homogen. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari perbedaan skor rata-rata kegiatan prates dan pascates yang signifikan pada kelompok eksperimen sebesar 1,8571, sedangkan skor kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 0,4827. Dari hasil uji-t skor prates diperoleh nilai t hitung sebesar 0,942 dan nilai p 0,350 (0,350>0,05). Gainskor kelompok eksperimen sebesar 1,8571 dengan nilai t hitung prates dan pascates sebesar 3,432; nilai p 0,002 (0,002<0,05=signifikan). Sementara itu, gainskor pada kelompok kontrol sebesar 0,4827 dengan nilai t hitung prates dan pascates sebesar 1,281: nilai p 0,211 (0,211>0,05 ≠ signifikan). Kesimpulan penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode kelompok investigasi dengan yang tanpa menggunakan metode kelompok investigasi, (2) metode kelompok investigasi terbukti efektif dalam pembelajaran memahami teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode kelompok investigasi, teks eksplanasi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 May 2015 01:31
Last Modified: 29 Jan 2019 22:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18285

Actions (login required)

View Item View Item