Pengembangan Perangkat Penilaian Autentik untuk Pembelajaran Matematika KelasVII Semester 1

Ferita, Rolina amriyanti (2015) Pengembangan Perangkat Penilaian Autentik untuk Pembelajaran Matematika KelasVII Semester 1. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rolina-amriyanti-ferita-12709251048.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat penilaian autentik untuk pembelajaran matematika kelas VII semester 1 yang reliabel, valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah research and development. Penelitian ini menggunakan model Plomp (2010) dengan dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu (1) preliminary research, (2) prototyping phase, dan (3) assessment phase. Pengembangan diawali dengan studi pendahuluan yang terdiri dari studi pustaka, survei lapangan, dan perencanaan. Pengembangan dan evaluasi terdiri dari validasi ahli, uji coba terbatas, uji coba lapangan terbatas, uji coba lapangan diperluas, dan revisi sehingga dihasilkan produk akhir. Uji coba lapangan dilaksanakan di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, SMP N 9 Yogyakarta, dan SMP IT Luqman Al-Hakim. Data yang dikumpulkan adalah berupa kualitas produk yang dikembangkan meliputi hasil validasi ahli, penilaian guru dan peserta didik, dan observasi keterlaksanaan penilaian. Data hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dianalisis menggunakan pedoman kategori. Penelitian ini menghasilkan perangkat penilaian autentik untuk pembelajaran matematika meliputi instrumen dengan kompetensi dasar bilangan bulat, garis dan sudut, serta rasio dan perbandingan untuk penilaian KI 1, KI 2, KI 3, dan KI 4 berupa: indikator, instrumen penilaian, dan rubrik penilaian yang reliabel, valid, praktis, dan efektif. Hasil analisis reliabilitas telah mencapai dengan reliabilitas KI 1 sebesar 0,75, KI 2 sebesar 0,702 dan KI 3 sebesar 0,87. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan dengan skor 177 dan masuk kategori valid. Dari hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis. Kepraktisan dilihat dari hasil penilaian guru dengan skor 66 atau 91,7% serta penilaian oleh peserta didik sebesar 865 untuk KI 1 dengan kategori sangat praktis, KI 2 dengan skor sebesar 884 kategori sangat praktis, dan KI 3 dengan skor 752 kategori sangat praktis. Keefektifan penggunaan perangkat penilaian mencapai skor 28 dengan kategori sangat efektif. Rata-rata persentase keterlaksanaan penilaian menggunakan perangkat yang dikembangkan mencapai skor 66 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat penilaian autentik, asesmen, matematika kelas VII
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 May 2015 07:47
Last Modified: 09 May 2019 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18283

Actions (login required)

View Item View Item