PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CUPLIKAN NOVEL DENGAN STRATEGI ARTIKULASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN BANTUL

Rochmah, Ayu Siti (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CUPLIKAN NOVEL DENGAN STRATEGI ARTIKULASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ayu Siti Rochmah 10201244087.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan proses dan hasil pembelajaran menyimak cuplikan novel dengan strategi artikulasi pada siswa SMP Negeri 5 Banguntapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 5 Banguntapan Bantul yang berjumlah 28 siswa. Prosedur pelaksanaan tindakan pada penelitian ini ada empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, pedoman penilaian keterampilanmenyimak cuplikan novel, pedoman pengamatan proses pembelajaran, catatan lapangan, dan dokumentasi foto kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan adalah apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata pada pengamatan proses dan produk serta mencapai standar ketuntasan yaitu mencapai nilai > 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi artikulasi pada pembelajaran menyimak cuplikan novel dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Banguntapan dalam menyimak cuplikan novel, baik secara proses maupun produk. Secara proses, tampak pada hasil pengamatan proses, skor pada pratindakan hanya 8,2 meningkat menjadi 15,6 pada akhir siklus II, artinya terjadi peningkatan sebesar 90%. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya perubahan positif terkait keseriusan, keaktifan, konsentrasi, dan atusias siswa dalam pembelajaran. Secara produk, keterampilan siswa dalam menyimak juga meningkat. Hal ini terlihat dari hasil nilai rata-rata menyimak pada pratindakan yang hanya 56,3 meningkat menjadi 78,6 pada siklus I dan 79,6 pada siklus II

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penelitian tindakan kelas, strategi artikulasi, pembelajaran menyimak cuplikan novel
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 May 2015 01:27
Last Modified: 29 Jan 2019 22:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18281

Actions (login required)

View Item View Item