PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI MENGGUNAKAN STRATEGI RAFT (ROLE AUDIENCE FORMAT TOPIC) PADA SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) 1 SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Fitriani, Atika Laela (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI MENGGUNAKAN STRATEGI RAFT (ROLE AUDIENCE FORMAT TOPIC) PADA SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) 1 SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Atika Laela Fitriani 10201241013.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis argumentasi pada siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan (TGB) 1 SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan menggunakan strategi RAFT (Role Audience Format Topic). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan (TGB) 1 SMK Negeri 2 Yogyakarta yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (act), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes menulis argumentasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (demokratis, proses, dialogis) dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi RAFT (Role Audience Format Topic) dapat meningkatkan kemampuan menulis argumentasi dari segi proses maupun produk pada siswa kelas XI TGB 1 SMK Negeri 2 Yogyakarta. Peningkatan kualitas proses dapat dilihat dari peran guru maupun siswa yang mengalami peningkatan secara signifikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini ditandai dengan munculnya respons positif melalui sikap kerja sama dan antusias yang ditunjukkan siswa, serta kondisi pembelajaran yang berlangsung dengan kondusif. Peningkatan proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan produk. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor tulisan argumentasi siswa dari pratindakan hingga siklus II. Rata-rata skor pada saat pratindakan sebesar 65,26, rata-rata pada siklus I sebesar 72,45, dan rata-rata pada siklus II sebesar 76,03. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus II adalah sebesar 10,77 atau 16,50%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, pembelajaran, menulis, argumentasi, strategi RAFT
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 May 2015 01:24
Last Modified: 29 Jan 2019 22:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18279

Actions (login required)

View Item View Item