PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ADOBE FLASH PRO CS5 DALAM PEMBELAJARAN LAFAL DAN INTONASI YANG BAKU DALAM BAHASA INDONESIA TERINTEGRASI PADA PEMBELAJARAN MENYIMAK KRITIS UNTUK SISWA SMK KELAS X

Setyaningsih, Anik (2014) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ADOBE FLASH PRO CS5 DALAM PEMBELAJARAN LAFAL DAN INTONASI YANG BAKU DALAM BAHASA INDONESIA TERINTEGRASI PADA PEMBELAJARAN MENYIMAK KRITIS UNTUK SISWA SMK KELAS X. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Atik Setyaningsih 10201244016.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dengan aplikasi Adobe Flash Pro CS5 untuk materi pelajaran lafal dan intonasi yang baku dalam bahasa Indonesia terintegrasi pada pembelajaran menyimak kritis untuk siswa SMK kelas X. Peneliti memilih memanfaatkan aplikasi Adobe Flash Pro CS5 karena aplikasi tersebut memungkinkan untuk membuat media pembelajaran interaktif yang terdiri dari serangkaian animasi, gambar, tulisan, dan audio sehingga, media yang dikembangkan mampu melibatkan indera penglihatan dan pendengaran siswa secara aktif dan proses penyerapan materi pelajaran menjadi lebih maksimal. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall. Model pengembangan tersebut kemudian dimodifikasi oleh peneliti menjadi tiga tahap yaitu (1) tahap pendahuluan, (2) tahap pengembangan, dan (3) tahap validasi dan revisi produk. Pengambilan data dilakukan dengan validasi ahli materi, ahli media, dan guru bahasa Indonesia tingkat SMK yang sekaligus diasumsikan sebagai pengguna media pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini berupa angket. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas logis. Analisis data dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif menggunakan pedoman konversi skala 4. Hasil validasi menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan semua aspek yang divalidasi. Hasil validasi ahli materi terhadap aspek pembelajaran dan aspek isi masing-masing memperoleh skor rata-rata 4,00, dan rerata persentase 100% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli media terhadap aspek tampilan diperoleh skor rata-rata 3,45, dan rerata persentase 86,11% dengan kategori sangat layak, pada aspek pemograman mendapatkan skor rata-rata 3,67, dan rerata persentase 91,67% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi oleh guru bahasa Indonesia terhadap aspek pembelajaran dan pemograman masing-masing memperoleh skor rata-rata 4,00, dan rerata persentase 100% dengan kategori sangat layak, pada aspek isi mendapatkan skor rata-rata 3,91, dan rerata persentase 97,73% dengan kategori sangat layak, pada aspek tampilan diperoleh skor rata-rata 3,88, dan rerata persentase 96,88% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, lafal dan intonasi, menyimak kritis, siswa SMK
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 May 2015 01:21
Last Modified: 29 Jan 2019 22:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18275

Actions (login required)

View Item View Item