Pengaruh Pembelajaran Segiempat dan Segitiga dengan Pendekatan Discovery yang Menekankan Aspek Analogi terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran, dan Kecerdasan Emosional Spiritual Siswa SMP

Siregar, Nur Choiro (2015) Pengaruh Pembelajaran Segiempat dan Segitiga dengan Pendekatan Discovery yang Menekankan Aspek Analogi terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran, dan Kecerdasan Emosional Spiritual Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nur-choiro-siregar-13709251010.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pembelajaran segiempat dan segitiga dengan pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran, dan kecerdasan emosional spiritual siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari enam kelas. Dari enam kelas yang ada, kelas VII A dan VII B dipilih secara acak sebagai sampel. Kelas VII A sebagai kelompok eksperimen diberikan pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol diberikan pembelajaran biasa (pendekatan konvensional). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar, kemampuan penalaran, dan angket kecerdasan emosional spiritual. Data dianalisis menggunakan uji statistik Multivariate Analysis of Variance (Manova) dan Analysis of Variance (Anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran segiempat dan segitiga dengan pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi terhadap prestasi belajar, dan kemampuan penalaran siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta. Berdasarkan analisis yang dilakukan, pembelajaran segiempat dan segitiga dengan pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi lebih unggul daripada pembelajaran biasa dalam hal prestasi belajar dan kemampuan penalaran. Sebaliknya, dalam hal kecerdasan emosional spiritual siswa, pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi tidak memberi pengaruh dan tidak lebih unggul daripada pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: discovery, menekankan aspek analogi, prestasi belajar, kemampuan penalaran, kecerdasan emosional spiritual
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 May 2015 06:18
Last Modified: 09 May 2019 02:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18274

Actions (login required)

View Item View Item