KEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTIONING THE AUTHOR (QtA) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN PLERET

Fetiningrum, Asti (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTIONING THE AUTHOR (QtA) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN PLERET. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Asti Fetiningrum 10201244045.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi Questioning the Author dengan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi Questioning the Author. Selain itu juga bertujuan untuk menguji keefektifan strategi Questioning the Author dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMP Negeri di kecamatan Pleret. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest and posttest control group design. Variabel penelitian meliputi variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas penelitian ini adalah penggunaan strategi Questioning the Author sedangkan variabel terikat adalah kemampuan membaca pemahaman. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Pleret yang terdiri atas tiga sekolah. Berdasarkan teknik simple random sampling, ditetapkan kelas VII SMP Negeri 1 Pleret sebagai sampel penelitian. Selanjutnya dengan teknik cluster random sampling, ditetapkan siswa kelas VII E sebagai kelas kontrol dan VII F sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu tes kemampuan membaca pemahaman yang berbentuk pilihan ganda. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian homogen. Teknik analisis data menggunakan uji-t dilakukan setelah diketahui hasil pretest dan posttest kelompok tersebut normal dan homogen. Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi Questioning the Author dengan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi Questioning the Author. Hal itu ditunjukkan dari hasil uji-t skor posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung = 3,995 (thitung > ttabel) dan p = 0,000 (p<0,05). Selain itu, strategi Questioning the Author terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMP Negeri di kecamatan Pleret. Simpulan tersebut berdasarkan hasil analisis ujit data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung = 5,620 (thitung > ttabel) dan p = 0,000 (p<0,05). Kenaikan skor rerata kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar 0,25 sedangkan kenaikan skor rerata kelompok eksperimen mengalami peningkatan 3,47.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi Questioning the Author, membaca pemahaman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 May 2015 01:17
Last Modified: 29 Jan 2019 22:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18273

Actions (login required)

View Item View Item