Mubarokah, Anisatul (2014) PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN ANTARA MEDIA GAMBAR ILUSTRASI DAN MEDIA KOMIK TANPA TEKS DALAM MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SRANDAKAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Anisatul Mubarokah 10201241022.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan menulis cerpen antara kelompok siswa yang diajar menggunakan media gambar ilustrasi dan kelompok siswa yang diajar menggunakan media komik tanpa teks. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji efektivitas media komik tanpa teks dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMAN 1 Srandakan, Bantul. Desain penelitian yaitu eksperimen pretest-posttest design. Variabel dalam penelitian ini yaitu (1) variabel bebas berupa media gambar ilustrasi dan media komik tanpa teks dan (2) variabel terikat berupa keterampilan menulis cerpen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Srandakan Bantul, yang terbagi dalam tiga kelas, yaitu kelas X.1, X.2, dan X.3, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah dua kelas dengan pembagian satu kelas sebagai kelompok eksperimen satu dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen dua. Sampel diperoleh dengan cara mengundi, dari hasil pengundian diperoleh, kelas X.1 dengan 23 siswa sebagai kelas eksperimen dua dan kelas X.2 dengan 23 siswa sebagai kelas eksperimen satu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis cerpen. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi (expert judgement). Uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan besarnya reliabilitas adalah 0,893. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok eksperimen satu dan kelompok eksperimen dua menunjukkan bahwa skor t hitung sebesar 2.583 dengan db 44 dan p sebesar 0,013. Skor p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,013 < 0,050). Pada pretest eksperimen satu dan eksperimen dua menunjukkan t hitung sebesar 0.516 dengan db 44 dan p sebesar 0,608 (0,608 > 0,050), nilai p lebih besar dari taraf signifikansi 5% maka tidak signifikan. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis cerpen yang signifikan antara kelompok yang diajar dengan menggunakan media gambar ilustrasi dan yang diajar dengan media komik tanpa teks. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis cerpen menggunakan media komik tanpa teks lebih efektif daripada pembelajaran keterampilan menulis cerpen menggunakan media gambar ilustrasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, gambar ilustrasi, komik tanpa teks, menulis cerpen |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 07 May 2015 01:14 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18270 |
Actions (login required)
View Item |