KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK ASOSIOGRAM DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI

Astriani, Anis Ela (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK ASOSIOGRAM DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anis Ela Astriani 10201241007.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada perbedaan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik asosiogram dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan teknik asosiogram. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan teknik asosiogram dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan control group pretest-posttest. Variabel dalam penelitain ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa teknik asosiogram, dan variabel terikat yang berupa kemampuan menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Sampel penelitian adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis puisi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dan gain skor. Hasil uji-t pada skor posttest antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen menghasilkan thitung sebesar 6,711 dengan df 66. Nilai thitung dalam penghitungan tersebut lebih besar dari nilai ttabel pada signifikansi 5% (6,711 > 2,000), sedangkan pretest kontrol dan eksperimen menunjukkan bahwa thitung adalah 1,343 dengan df 66. Nilai thitung dalam penghitungan tersebut lebih kecil dari nilai ttabel pada signifikansi 5% (1,343 < 2,000). Dengan demikian terdapat perbedaan antara kelas yang diajar menulis puisi menggunakan teknik asosiogram dengan yang tidak. Hasil uji-t skor pretest dan posttest kelas eksperimen menghasilkan thitung sebesar 18,429 dengan df 33. Nilai thitung dalam penghitungan tersebut lebih besar dari nilai ttabel pada signifikansi 5% (18,429 > 2,042). Gain skor kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yaitu 3,79. Hasil tersebut menunjukkan bahwa teknik asosiogram terbukti efektif dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, teknik asosiogram, pembelajaran menulis puisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 May 2015 01:11
Last Modified: 29 Jan 2019 22:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18269

Actions (login required)

View Item View Item