Pengembangan Modul Pembelajaran Geometri Bidang Datar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Siswa SMP Negeri 1 Pomalaa Sulawesi Tenggara

Lasmiyati, Lasmiyati (2015) Pengembangan Modul Pembelajaran Geometri Bidang Datar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Siswa SMP Negeri 1 Pomalaa Sulawesi Tenggara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lasmiyati-10709251016.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika yang layak untuk pembelajaran siswa SMP N 1 Pomalaa kelas VII Sulawesi Tenggara ditinjau dari aspek isi, bahasa dan gambar, penyajian dan kegrafisan, serta mengetahui tingkat pemahaman konsep dan minat siswa antara peserta didik yang menggunakan modul pembelajaran dengan yang tidak menggunakan modul. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang kemudian diadaptasi dengan melaksanakan tiga tahapan, yaitu pendahuluan, pengembangan dan uji coba. Validasi modul matematika dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 2 guru matematika, 1 pengawas matematika dan 1 teman sejawat. Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Pomalaa kelas VII sejumlah 31 siswa dengan rincian: 6 siswa untuk uji kelompok kecil, dan 25 siswa untuk uji lapangan. Masukan terhadap modul hasil pengembangan pada tahap uji coba digunakan untuk dasar perbaikan modul. Koofisien reliabilitas minat dan pemahaman konsep berturut-turut adalah 0,770 dan 0,864. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep dan minat menggunakan kuesioner dan tes. Ketuntasan siswa pada kelas eksperimen sebesar 100% dan kelas kontrol sebesar 73%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran geometri untuk kelas VII SMP dari: 1) aspek kelayakan isi menurut ahli materi, guru matematika dan pengawas matematika berkategori “baik”. 2) aspek kelayakan bahasa dan gambar menurut ahli materi, guru matematika dan pengawas matematika berkategori”sangat baik”. 3) aspek penyajian menurut ahli media, guru matematika dan teman sejawat berkategori”sangat baik”. 4) aspek kegrafisan menurut ahli media, guru matematika dan teman sejawat berkategori”baik”. 5) pembelajaran matematika menggunakan modul lebih baik dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunkaan modul. Respon siswa terhadap modul pembelajaran geometri termasuk dalam kategori “baik”. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep sebesar 0,012 dan minat peserta didik sebesar 0,003 yang menggunakan modul pembelajaran matematika dengan yang tidak.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Pemahaman Konsep, Minat
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 May 2015 06:18
Last Modified: 09 May 2019 02:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18268

Actions (login required)

View Item View Item