HUBUNGAN KELINCAHAN DAN KETERAMPILAN JUGGLING DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMA ISLAM I GAMPING SLEMAN

Nurriva Ardian Tanjung, Ardian Tanjung (2012) HUBUNGAN KELINCAHAN DAN KETERAMPILAN JUGGLING DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMA ISLAM I GAMPING SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Nurriva Ardian Tanjung_08601241102.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Menggiring bola merupakan salah satu unsur penting dalam permainan sepak bola. Untuk mendukung kemampuan menggiring bola, latihan kelincahan dan keterampilan juggling sangat berperan untuk meningkatkan kemampuan menggiring bola. Maka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelincahan dan keterampilan juggling dengan kemampuan menggiring bola peserta ekstrakurikuler sepakbola SMA Islam I Gamping Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, dengan dua variabel bebas yang terdiri dari kelincahan (X1) dan keterampilan juggling (X2), dan satu variabel terikat, yaitu kemampuan menggiring bola (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola SMA Islam I Gamping Sleman yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui Dogging Run Test untuk mengukur kelincahan, juggling test untuk mengukur keterampilan juggling dan soccer dribble test untuk mengukur kemampuan menggiring bola. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) ada hubungan antara kelincahan dengan kemampuan menggiring bola, yaitu berdasarkan hasil koefisien korelasi product moment sebesar 0,845 dan korelasi parsial sebesar +0,736, (2) ada hubungan antara keterampilan juggling dengan kemampuan menggiring bola, yaitu berdasarkan hasil koefisien korelasi product moment sebesar 0,645 dan korelasi parsial sebesar +0,257, (3) ada hubungan antara kelincahan dan keterampilan juggling dengan kemampuan menggiring bola, yaitu berdasarkan nilai signifikasi hitung regresi berganda sebesar 0,000 dengan taraf signifikasi 0,05. Diketahui pula bahwa sumbangan efektif dari variabel kelincahan, dan keterampilan juggling terhadap kemampuan menggiring bola adalah 73,2% dan sisanya 26,8% dipengaruhi olah variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 07 May 2015 01:08
Last Modified: 29 Jan 2019 22:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18265

Actions (login required)

View Item View Item