MISKONSEPSI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM BUKU TEKS KIMIA SMA EDISI BILINGUAL DAN BAHASA INGGRIS

Ratna, Anisa Maulia (2014) MISKONSEPSI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM BUKU TEKS KIMIA SMA EDISI BILINGUAL DAN BAHASA INGGRIS. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki terjadinya miskonsepsi dan potensial miskonsepsi pada materi kesetimbangan kimia, konsep maupun latihan soal, dalam buku teks kimia SMA edisi bilingual dan bahasa Inggris. Penelitian deskriptif ini dilakukan untuk mengetahui adanya miskonsepsi pada konsep kesetimbangan kimia pada buku teks kimia SMA edisi bilingual dan bahasa Inggris berdasarkan instrumen kebenaran konsep. Terdapat 5 buku teks kimia yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini, yang terdiri dari 2 buku teks kimia edisi bahasa Inggris dan 3 buku teks kimia versi bilingual dari pengarang dan penerbit yang berbeda. Instrumen evaluasi miskonsepsi dalam penelitian ini menggunakan metode CRI (Certainty of Response Index), yang divalidasi oleh 5 orang guru kimia SMA menggunakan instrumen keterbacaan soal. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya miskonsepsi dan potensial miskonsepsi pada materi kesetimbangan kimia dalam buku teks kimia SMA edisi bilingual dan bahasa Inggris. Hasil validasi instrumen evaluasi miskonsepsi berdasarkan instrumen keterbacaan soal adalah sangat baik (SB) dengan skor 66.6 dari skor maksimal 75.0. Kata Kunci: Miskonsepsi, Buku Teks Kimia SMA edisi bilingual dan bahasa Inggris, Kesetimbangan Kimia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 May 2015 00:58
Last Modified: 29 Jan 2019 22:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18264

Actions (login required)

View Item View Item