PENGARUH PEMBERIAN INITIAL KNOWLEDGE QUIZ (IKQ) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA

Fitriasih, Sandra Ria (2014) PENGARUH PEMBERIAN INITIAL KNOWLEDGE QUIZ (IKQ) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Initial Knowledge Quiz (IKQ) terhadap motivasi dan prestasi belajar kimia siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 112 siswa. Sampel penelitian berjumlah 53 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen (A1) dan kelas kontrol (A2) yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh berupa data pengetahuan awal kimia, data motivasi belajar kimia, serta data tes prestasi belajar kimia. Data ini kemudian dianalisis menggunakan uji-t dan anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan dalam hal motivasi belajar kimia antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan harga t0 (2,385) > ttabel (2,007) dan p (0,021) < 0,05 serta (2) tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal prestasi belajar kimia antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol jika pengetahuan awal siswa dikendalikan secara statistik dengan harga F0 (2,926) < Ftabel (4,034) dan p (0,093) > 0,05. Kata kunci : proses pembelajaran, Initial Knowledge Quiz (IKQ), motivasi belajar kimia, prestasi belajar kimia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 May 2015 00:18
Last Modified: 29 Jan 2019 22:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18255

Actions (login required)

View Item View Item