Fitriasih, Sandra Ria (2014) PENGARUH PEMBERIAN INITIAL KNOWLEDGE QUIZ (IKQ) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Initial Knowledge Quiz (IKQ) terhadap motivasi dan prestasi belajar kimia siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 112 siswa. Sampel penelitian berjumlah 53 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen (A1) dan kelas kontrol (A2) yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh berupa data pengetahuan awal kimia, data motivasi belajar kimia, serta data tes prestasi belajar kimia. Data ini kemudian dianalisis menggunakan uji-t dan anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan dalam hal motivasi belajar kimia antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan harga t0 (2,385) > ttabel (2,007) dan p (0,021) < 0,05 serta (2) tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal prestasi belajar kimia antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol jika pengetahuan awal siswa dikendalikan secara statistik dengan harga F0 (2,926) < Ftabel (4,034) dan p (0,093) > 0,05. Kata kunci : proses pembelajaran, Initial Knowledge Quiz (IKQ), motivasi belajar kimia, prestasi belajar kimia
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Admin Kimia FMIPA |
Date Deposited: | 07 May 2015 00:18 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18255 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |