TINGKAT APRESIASI NOVEL TERJEMAHAN DAN NOVEL ASLI INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI BANTUL KOTA

Ramadhani, Zea Ayu Rizky (2014) TINGKAT APRESIASI NOVEL TERJEMAHAN DAN NOVEL ASLI INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI BANTUL KOTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Zea Ayu Rizky R 10201244009.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat apresiasi novel terjemahan pada siswa kelas VIII MTs Negeri Bantul Kota, (2) mengetahui tingkat apresiasi novel asli Indonesia pada siswa kelas VIII MTs Negeri Bantul Kota, (3) mengetahui perbandingan tingkat apresiasi novel terjemahan dan asli Indonesia pada siswa kelas VIII MTs Negeri Bantul Kota. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Bantul Kota dengan jumlah 224. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik sampling incidental untuk tes tingkat apresiasi novel terjemahan dan novel asli Indonesia. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A, VIII E, dan VIII G dengan jumlah 90 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data, ada tiga kesimpulan yang dapat diambil. Pertama, rata-rata tingkat apresiasi novel terjemahan pada siswa kelas VIII MTs Negeri Bantul Kota sebesar 21,36 (71,2%) atau dalam kategori sedang. Kedua, tingkat apresiasi novel asli Indonesia pada siswa kelas VIII MTs Negeri Bantul Kota sebesar 24,63 (82,1%) atau dalam kategori tinggi. Kemudian, rata-rata gabungan kedua apresiasi novel tersebut adalah 22,99 (76,7%) atau dalam kategori tinggi. Ketiga, perbandingan hasil tingkat apresiasi novel terjemahan dan novel asli Indonesia pada siswa kelas VIII MTs Negeri Bantul Kota, menyatakan bahwa tingkat apresiasi novel terjemahan lebih rendah daripada novel asli Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, apresiasi, novel terjemahan, dan novel asli Indonesia
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 May 2015 07:59
Last Modified: 29 Jan 2019 22:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18254

Actions (login required)

View Item View Item