KEEFEKTIFAN MODEL SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PURWOREJO

Widiarti (2013) KEEFEKTIFAN MODEL SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Widiarti 09201244013.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan keterampilan menulis cerpen antara kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model sinektik dan kelompok yang tidak mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model sinektik, (2) menguji keefektifan model sinektik dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 2 Purworejo. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan Control Group Pre Test- Post Test Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa penggunaan model sinektik dan variabel terikat yaitu keterampilan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Purworejo dengan jumlah 224 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis cerpen. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varians data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji –t pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan uji –t sampel bebas menunjukkan bahwa thitung (th) sebesar 2,241 dengan df 62 dan diperoleh nilai p sebesar 0,029 pada taraf signifikansi 5% (0,05). Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (p = 0,029 < 0,05). Hasil perhitungan uji –t sampel berhubungan diperoleh nilai thitung (th) sebesar 3,604 dengan df 31 diperoleh nilai p sebesar 0,001 pada taraf signifikansi 5% (0,05). Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (p = 0,001 < 0,05). Kesimpulan pertama dari penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis cerpen kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model sinektik dan kelompok yang tidak mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model sinektik. Kesimpulan kedua yaitu, model sinektik lebih efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis cerpen kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model sinektik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, sinektik, pembelajaran, cerpen
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 May 2015 07:55
Last Modified: 29 Jan 2019 22:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18253

Actions (login required)

View Item View Item