HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KESUSASTRAAN DAN MINAT MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMPN SEKABUPATEN KULON PROGO

Ariani, Wahyu (2014) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KESUSASTRAAN DAN MINAT MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMPN SEKABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wahyu Ariani 10201244068.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat pengetahuan kesusastraan siswa, (2) tingkat minat membaca siswa, (3) kemampuan menulis puisi siswa, (4) hubungan antara pengetahuan kesusastraan dan kemampuan menulis puiis siswa, (5) hubungan antara minat membaca dan kemampuan menulis puisi siswa, dan (6) hubungan antara pengetahuan kesusastraan dan minat membaca dengan kemampuan menulis puisi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Pengambilan data menggunakan teknik angket dan tes. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN se-Kabupaten Kulon Progo. Sampel penelitian berjumlah 290 dengan mengambil enam sekolah secara random sampling. Tes pengetahuan kesusastraan menggunakan soal pilihan ganda berjumlah 30 dengan empat alternatif jawaban, sedangkan minat membaca menggunakan kuesioner berjumlah 20 dengan alternatif jawaban menggunakan skala Likert. Kemampuan menulis puisi diukur dengan tes praktik menulis puisi langsung. Data dianalisis dengan korelasi product moment sebelum data dianalisis perlu uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, linieritas, dan multikolinearitas. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi ganda. Pengolahan data semua dibantu dengan SPSS seri 17. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pertama, tingkat pengetahuan kesusastraan siswa berada pada kategori sedang dengan nilai antara 58—70 berjumlah 238 siswa (82,1%). Kedua, tingkat minat membaca siswa juga berada pada kategori sedang berkisar antara nilai 55—67 sebanyak 187 siswa (64,1%). Ketiga, tingkat kemampuan puisi siswa juga berada dalam kategori sedang dengan nilai antara 52—64 dengan jumlah 227 siswa (77,9%). Keempat, ada hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan kesusastraan dan menulis puisi, ditunjukkan dengan perolehan r =0,677 dan p=0,000. Kelima, ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca dengan kemampuan menulis puisi, ditunjukkan dengan perolehan r = 0,854 dengan nilai p= 0,000. Keenam, ada hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan kesusastraan dan minat membaca dengan kemampuan menulis puisi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya koefisien determinasi (R2 ) yaitu 0,772. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengetahuan kesusastraan dan minat membaca memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan menulis puisi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hubungan, pengetahuan kesusastraan, minat membaca, menulis puisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 May 2015 07:51
Last Modified: 29 Jan 2019 22:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18252

Actions (login required)

View Item View Item