PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN METODE REAP (READ, ENCODE, ANNOTATE, PONDER) PADA SISWA SMA

Noviasih, Uun (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN METODE REAP (READ, ENCODE, ANNOTATE, PONDER) PADA SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Uun Noviasih 10201244038.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan implementasi metode REAP pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 11 Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan ini memiliki empat prosedur dalam pelaksanaannya, yaitu perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 11 Yogyakarta berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2014 dengan 2 siklus. Data penelitian berupa hasil observasi, catatan lapangan, hasil wawancara, hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskripsi kuantitatif dan analisis deskripsi kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan yaitu terjadinya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa secara proses dan secara produk. Hasil penelitian yang diperoleh setelah implementasi tindakan, yaitu siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran membaca pemahaman. Siswa menujukkan sikap, minat, dan semangat yang tinggi. Selain itu, ada peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa yang ditunjukkan melalui hasil tes membaca pemahaman. Hasil skor tes siswa pada saat pratindakan yang memenuhi standar KKM sebanyak 6 orang atau sebesar 20,69% dari jumlah siswa. Pada kegiatan siklus I, siswa yang mencapai KKM sebanyak 17 orang atau sebesar 60,71% dari jumlah siswa. Pada siklus II, siswa yang mencapai KKM sebanyak 29 orang atau sebesar 93,55% dari jumlah siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode REAP dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, strategi REAP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 May 2015 06:41
Last Modified: 29 Jan 2019 22:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18250

Actions (login required)

View Item View Item