KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH

Khasanah, Uswatun (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Uswatun Khasanah 10201241045.pdf

Download (42MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan apakah terdapat perbedaan keterampilan menulis karya ilmiah yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek; (2) menguji keefektifan model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam pembelajaran menulis karya ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan rancangan control group pre-test post-test design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa model Pembelajaran Berbasis Proyek dan variabel terikat berupa keterampilan menulis karya ilmiah. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sleman. Sampel diambil dengan teknik random sampling, ditetapkan kelas XI IPA 4 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis karya ilmiah. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Analisis data dengan menggunakan teknik statistik uji-t. Hasil penghitungan uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 11,931 dan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil penghitungan uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 41,742 dan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05). Skor rata-rata kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar 5,8461, sedangkan skor rata-rata kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 13,2. Simpulan penelitian ini berdasarkan hasil penghitungan tersebut adalah: (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis karya ilmiah yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek; (2) model Pembelajaran Berbasis Proyek efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karya ilmiah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model Pembelajaran Berbasis Proyek, menulis karya ilmiah
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 May 2015 06:25
Last Modified: 29 Jan 2019 22:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18249

Actions (login required)

View Item View Item