PENERAPAN PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Maryam, Siti (2014) PENERAPAN PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Siti Maryam 10201241028.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penilaian otentik dalam pembelajaran bahasa Indonesia, model-model penilaian otentik yang diterapkan, langkah-langkah penerapan penilaian otentik, kendala-kendala yang dialami guru dalam menerapkan penilaian otentik, dan upaya guru dalam mengatasi kendala-kendala yang dialami dalam penerapan penilaian otentik. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan desain cross-sectional survey. Populasi penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN se-Kecamatan Wates. Sampel yang digunakan adalah sampel sensus. Data diperoleh melalui angket, wawancara, analisis dokumen, dan pengamatan. Keabsahan data diperoleh melalui validitas konstruk diperkuat dengan expert judgement dan triangulasi metode. Data hasil angket dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif, sedangkan hasil wawancara, analisis dokumen, dan pengamatan dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif kemudian disimpulkan sesuai permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru mata pelajaran Bahasa Indonesia telah menerapkan penilaian otentik dalam pembelajaran. Guru menerapkan berbagai macam model penilaian otentik yang menunjukkan bahwa terdapat faktor kreativitas dalam penerapan penilaian. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia juga sudah berusaha melakukan langkah-langkah penerapan penilaian otentik dengan tepat. Walaupun demikian, guru masih mengalami berbagai macam kendala dalam menerapkan penilaian otentik. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kemudian melakukan upaya untuk mengatasi kendala tersebut. Upaya yang dilakukan disesuaikan dengan kendala yang dihadapi. Hal ini menunjukkan bahwa guru berusaha menerapkan penilaian otentik dengan baik dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penilaian otentik, pembelajaran bahasa Indonesia
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 May 2015 05:05
Last Modified: 29 Jan 2019 22:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18246

Actions (login required)

View Item View Item