PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN TATA BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI SE KOTA YOGYAKARTA

Fitriyadi, Rizki (2014) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN TATA BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI SE KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rizki Fitriyadi 07201241008.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa kelas X SMA Negeri se-Kota Yogyakarta; (2) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penguasaan tata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa kelas X SMA Negeri se-Kota Yogyakarta; serta (3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa kelas X SMA Negeri se-Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri se-Kota Yogyakarta dengan mengambil sampel sebanyak 345 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data kosakata, tata bahasa, dan menulis eksposisi dilakukan dengan tes kemampuan. Uji validitas butir dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan program iteman. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier berganda. Tingkat taraf kesalahan hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa kelas X SMA Negeri se-Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,164, rtabel sebesar 0,098, sumbangan relatif sebesar 30,29% dan sumbangan efektif sebesar 1,82%; (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan penguasaan tata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa kelas X SMA Negeri se-Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,221, rtabel sebesar 0,098, sumbangan relatif sebesar 69,71% dan sumbangan efektif sebesar 4,18%; (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama penguasaan kosakata dan tata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa kelas X SMA Negeri se-Kota Yogyakarta ditunjukkan dengan nilai F sebesar 10,950, koefisien regresi (R) 0,245, dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,060. Ini berarti 6% kemampuan menulis eksposisi dipengaruhi oleh penguasaan kosakata dan tata bahasa, sedangkan 94% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kosakata, menulis eksposisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 May 2015 05:02
Last Modified: 29 Jan 2019 22:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18245

Actions (login required)

View Item View Item