KEEFEKTIFAN STRATEGI SELF-MONITORING USING QUESTIONS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 PATUK GUNUNGKIDUL

Mayasari, Rita (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI SELF-MONITORING USING QUESTIONS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 PATUK GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rita Mayasari 10201241037.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk membuktikan apakah ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi Self- Monitoring Using Questions dan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi Self-Monitoring Using Questions. Kedua, untuk menguji keefektifan strategi Self-Monitoring Using Questions dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Patuk Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Variabel yang digunakan ada dua, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Penggunaan strategi Self-Monitoring Using Questions adalah variabel bebas sedangkan kemampuan membaca pemahaman adalah variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Patuk Gunungkidul yang terdiri atas enam kelas. Berdasarkan teknik simple random sampling, ditetapkan kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu tes kemampuan membaca pemahaman yang berbentuk pilihan ganda. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian homogen. Setelah diketahui hasil tes awal dan tes akhir kelompok tersebut normal dan homogen, dilakukan uji beda dengan menggunakan uji-t. Simpulan dalam penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi Self-Monitoring Using Questions dan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi Self-Monitoring Using Questions; (2) strategi Self-Monitoring Using Questions efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Patuk Gunungkidul. Simpulan tersebut diperoleh dari hasil uji-t skor tes akhir kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang diperoleh nilai thitung = 2,423 dan p = 0,019 (p < 0,05). Hasil analisis uji-t data tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung = 4,909 dan p = 0,000 (p < 0,05). Skor rata-rata kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar 2,41, sedangkan skor rata-rata kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 3,71.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi Self-Monitoring Using Questions, membaca pemahaman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 May 2015 04:59
Last Modified: 29 Jan 2019 22:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18244

Actions (login required)

View Item View Item