KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FOTO PERISTIWA TERHADAP KEMAMPUAN DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Noviana, Puspita Mega (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FOTO PERISTIWA TERHADAP KEMAMPUAN DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Puspita Mega Noviana 10201244025.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan. Pertama, mengetahui perbedaan kemampuan diskusi antara siswa yang mendapat pembelajaran diskusi dengan menggunakan media foto peristiwa dan siswa yang mendapat pembelajaran diskusi tanpa menggunakan media foto peristiwa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Kedua, menguji keefektifan penggunaan media foto peristiwa dalam pembelajaran diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian Control Group Pretest Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas yang berupa penggunaan media foto peristiwa dan variabel terikat berupa kemampuan diskusi siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta sebanyak 330 siswa yang terbagi menjadi sepuluh kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik ramdom sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 siswa yaitu terdiri dari kelompok kontrol (kelas VIII D) sebanyak 34 siswa dan kelompok eksperimen (kelas VIII C) sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan diskusi. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penghitungan menunjukkan besarnya reliabilitas instrumen adalah 0,936 sehingga instrumen dinyatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan. Pertama, terdapat perbedaan signifikan kemampuan diskusi siswa yang mendapat pembelajaran diskusi menggunakan media foto peristiwa dan siswa yang mendapat pembelajaran diskusi tanpa menggunakan media foto peristiwa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari hasil Uji-t pascates kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh t hitung 3,167 dengan df 63 pada taraf signifikansi 5%. Selain itu, diperoleh nilai p sebesar 0,002. Kedua, media foto peristiwa terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari hasil Uji-t prates dan pascates kelompok eksperimen diperoleh t hitung 18,642 dengan df 30 pada taraf signifikansi 5% serta diperoleh nilai p sebesar 0,000. Selain itu, terdapat perbedaan nilai rerata kelompok eksperimen yang lebih besar dari nilai rerata kelompok kontrol (9,07 > 4,56).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, media foto peristiwa, pembelajaran diskusi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 May 2015 04:56
Last Modified: 29 Jan 2019 22:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18243

Actions (login required)

View Item View Item