KEEFEKTIFAN METODE QUANTUM LEARNING DALAM KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP PANGUDI LUHUR BAYAT KLATEN

Wibowo, Oktavianus Saputra Eko (2014) KEEFEKTIFAN METODE QUANTUM LEARNING DALAM KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP PANGUDI LUHUR BAYAT KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Oktavianus Saputra E Wibowo 08201244021.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan antara kelas menulis naskah drama dengan menggunakan metode Quantum Learning dan kelas menulis naskah drama tanpa menggunakan metode Quantum Learning siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur Bayat Klaten, (2) keefektifan metode Quantum Learning terhadap pembelajaran keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur Bayat Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Model desain penelitiannya menggunakan pretest dan posttest dengan kelompok kontrol (control group pretest-posttest design). Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas berupa metode quantum learning dan variabel terikat berupa keterampilan siswa menulis naskah drama. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling dengan cara pengundian. Berdasarkan teknik tersebut, ditetapkan bahwa kelas VIII B sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan menulis naskah drama. Isi instrumen dikonsultasikan dengan para ahlinya (expert judgement) dan diujicobakan pada siswa di luar sampel. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Sebelum dilakukan analisis menggunakan uji-t maka dilakukan uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan perhitungan tersebut kedua kelompok tersebut terbukti bahwa skor pretest dan posttest kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya, dilakukan uji beda menggunakan uji-t. Hasil uji-t skor pretest dan posttest keterampilan menulis naskah drama menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (8,802> 2,000) taraf signifikansi 5% dengan db 58 dan diperoleh nilai p = 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis naskah drama antara kelompok siswa yang diajar pembelajaran menulis naskah drama menggunakan metode quantum learning dan tanpa menggunakan metode quantum learning siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur Bayat Klaten, (2) pembelajaran menulis naskah drama kelompok yang menggunakan metode quantum learning lebih efektif dibandingkan dengan kelompok yang melaksanakan pembelajaran menulis naskah drama tanpa menggunakan metode quantum learning.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, quantum learning, menulis naskah drama
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 May 2015 04:50
Last Modified: 29 Jan 2019 22:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18240

Actions (login required)

View Item View Item