PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS VII SMP DAN KELAS X SMA KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN PURWOREJO

Adetya, Okta (2014) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS VII SMP DAN KELAS X SMA KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Okta Adetya 10201241016.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran teks laporan hasil observasi kelas VII SMP dan kelas X SMA Kurikulum 2013 di Kabupaten Purworejo. Teks laporan hasil observasi merupakan jenis teks baru dan dipelajari di dua jenjang pendidikan yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian difokuskan pada pemahaman guru dan siswa terkait teks, materi, dan evaluasi pembelajaran teks laporan hasil observasi kelas VII SMP dan X SMA Kurikulum 2013 di Kabupaten Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terhadap guru dan siswa serta analisis dokumen yang berupa buku guru, buku siswa, dan Permendikbud 81 A. Data dianalisis melalui tahapan transkripsi, klasifikasi, interpretasi, dan pengambilan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan cara triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru sudah memahami teks laporan hasil observasi terkait struktur, karakteristik, tujuan, dan perbedaannya dengan teks deskripsi. Teks laporan hasil observasi dianggap penting, kaitannya dengan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik adalah pendekatan pembelajaran yang melalui tahapan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengomunikasikan. Sementara itu, siswa SMA mengalami kerancuan konsep teks laporan hasil observasi, sehingga konsep dan struktur teks pada Kurikulum 2013 mudah dilupakan, (2) materi struktur teks yang terdapat pada buku siswa berbeda, materi lebih ditekankan pada konsep, kaidah, dan penulisan, (3) guru sudah sama-sama menerapkan penilaian otentik, meskipun keduanya belum dapat dilaksanakan secara maksimal. Penilaian otentik dilakukan agar guru dapat memberian justifikasi secara langsung dalam mengukur kemampuan siswa. Adapun penilaian yang dilakukan dalam pembelajaran adalah penilaian berbasis skor, penilaian terhadap latihan siswa, penilaian sumatif formatif, penilaian proses, peer editing, penilaian sikap, serta penilaian portofolio dan penilaian berbasis proyek di kelas X

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan pembelajaran, teks laporan hasil observasi, Kurikulum 2013
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 May 2015 04:47
Last Modified: 29 Jan 2019 22:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18239

Actions (login required)

View Item View Item