KEEFEKTIFAN METODE SUGESTI IMAJINASI BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SUGESTIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL

Wardani, Kusuma (2014) KEEFEKTIFAN METODE SUGESTI IMAJINASI BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SUGESTIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Kusuma Wardani 10201241072.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis narasi sugestif yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis narasi sugestif menggunakan metode sugesti imajinasi berbantuan media audio visual dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis narasi sugestif tanpa menggunakan metode sugesti imajinasi berbantuan media audio visual. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan metode sugesti imajinasi berbantuan media audio visual dalam pembelajaran menulis narasi sugestif siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah rancangan eksperimen yang digunakan adalah Control Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan, Bantul. Terdiri dari tujuh kelas, yaitu kelas X1-X7. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Random sampling adalah pengambilan sampel yang dilakukan dengan pengundian. Kelas X2 terpilih sebagai kelompok kontrol dan kelas X3 terpilih sebagai kelompok eksperimen. Data yang dikumpulkan menggunakan tes awal dan tes akhir. Validitas instrumen dalam penelitian ini dengan berkonsultasi kepada dosen pembimbing dan guru bahasa Indonesia selaku ahli dalam pembelajaran di sekolah. Simpulan penelitian adalah: (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis narasi sugestif yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis narasi sugestif menggunakan metode sugesti imajinasi berbantuan media audio visual dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis narasi sugestif tanpa menggunakan metode sugesti imajinasi berbantuan media audio visual; (2) metode sugesti imajinasi berbantuan media audio visual efektif digunakan dalam pembelajaran menulis narasi sugestif siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan, Bantul. Kesimpulan pertama berdasarkan hasil analisis uji-t data tes awal kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 12,57 dan p sebesar 0,00 (p <0,05). Kesimpulan kedua berdasarkan hasil analisis uji-t data tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen diperoleh thitung sebesar 23,44 dan p sebesar 0,00(p <0,05) dan perbedaan kenaikan skor rata-rata yang signifikan yaitu 18,35 untuk kelompok eksperimen dan 7,56 untuk kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode sugesti imajinasi berbantuan media audio visual, menulis narasi sugestif
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 May 2015 04:44
Last Modified: 29 Jan 2019 22:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18238

Actions (login required)

View Item View Item