PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PKN KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SEWON

Nurjannah, Rochayati (2013) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PKN KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
3.BAB I.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.HALAMAN AWAL.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB II.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB III.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.LAMPIRAN.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas yang menerapkan teknik Numbered Head Together (NHT)dengan kelas yang menerapkan metode ceramah. Penelitian ini adalah eksperimen (experimental)dengan subyek penelitian kelas eksperimen adalah kelas VII G dan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas VII H. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak (random sampling)2 dari 8 kelas yang ada, Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Uji coba instrumen dilakukan pada siswa kelas VII F yang berjumlah 28 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan KR-20. Uji hipotesis menggunakan analisis Uji hipotesis ini menggunakan uji-t (independent uji test)yaitu menguji perbedaan rata-rata dua kelompok yang saling beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pencapaian hasil belajar PKn peserta didik yang diajar dengan teknik Numbered Head Together (NHT) lebih baik daripada yang diajar menggunakan metode ceramah. Dan penggunaan teknik Numbered Head Together (NHT)dalam pencapaian hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sewon lebih efektif daripada pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui t pencapaian hasil belajar PKN akhir (post-test) sebesar 5,342 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Setelah t hitung dikonsultasikan dengan t pada taraf signifikansi = 0,05 dan df=48, diperoleh t 2,010. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar daripada t tabel (t tabel hitung : 5,342 > t : 2,010) pada taraf signifikansi 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik Numbered Head Together (NHT)lebih efektif dalam pencapaian hasil belajar PKN peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sewon daripada yang diajar dengan metode ceramah. Kata kunci: Teknik Numbered Head Together, Hasil Belajar tabel tabel hitung

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 08 May 2015 06:18
Last Modified: 29 Jan 2019 22:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18237

Actions (login required)

View Item View Item