KEEFEKTIFAN STRATEGI FOXFIRE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGANYAR KEBUMEN

Widiasari, Giovani Yoen (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI FOXFIRE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGANYAR KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Giovanni Yoen Widiasari 10201241057.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan menulis laporan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Foxfire dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Foxfire; (2) menguji keefektifan strategi Foxfire dalam pembelajaran menulis laporan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar. Berdasarkan teknik cluster random sampling ditetapkan kelas VIII G sebagai kelas kontrol dan kelas VIII I sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen berupa validitas isi. Validitas dan reliabilitas dihitung menggunakan program komputer SPSS 16.0. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian yang dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS 16.0 menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung 3,919 dengan db 62, dan nilai p 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p = 0,000 < 0,05). Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung yaitu 7,993 dengan db 31, dan nilai p 0,000. Nilai p kurang dari taraf signifikansi 5% (p = 0,000 < 0,05). Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis laporan antara siswa yang diberi pembelajaran menulis laporan dengan menggunakan strategi Foxfire dan siswa yang diberi pembelajaran tanpa strategi Foxfire; (2) strategi Foxfire efektif digunakan dalam pembelajaran menulis laporan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis laporan, strategi Foxfire, siswa SMP kelas VIII
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 May 2015 04:10
Last Modified: 29 Jan 2019 22:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18234

Actions (login required)

View Item View Item