ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA NONBSE DENGAN STANDAR ISI BAHASA INDONESIA UNTUK SMP KELAS VII

Huda, Dini Nurul (2014) ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA NONBSE DENGAN STANDAR ISI BAHASA INDONESIA UNTUK SMP KELAS VII. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dini Nurul Huda 08201241030.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Keberadaan buku ajar atau buku teks pelajaran tidak bisa lepas dari kurikulum yang diberlakukan. Pada saat kurikulum lama diganti isi atau materi buku teks pun harus disesuaikan dengan kurikulum baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian materi buku teks Bahasa Indonesia non-BSE yang masih digunakan oleh siswa kelas VII SMP Negeri di kota Yogyakarta dengan standar isi dilihat dari empat aspek keterampilan berbahasa yang meliputi keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Desain penelitian menggunakan penelitian analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah buku teks Bahasa Indonesia non-BSE untuk siswa SMP kelas VII. Sumber data yang digunakan adalah 7 jenis buku teks yaitu (1)“ Pasti Bisa Pembahasan Tuntas Kompetensi Bahasa Indonesia untuk SMP dan Mts Kelas VII” penerbit Erlangga, (2) “Bahasa dan Sastra Indonesia” penerbit Yudhistira, (3) “Kreatif Berbahasa dan Bersastra Indonesia 1A dan 1B” penerbit Ganeca Exact, (4) Bahasa Indonesia SMP Kelas VII” penerbit Gelora Aksara Pratama, (5) “Bahasa Indonesia Kelas VII” penerbit Remaja Rosda Karya, (6) “Bahasa Indonesia untuk SMP dan Mts Kelas VII” penerbit Piranti, (7) Cermat Berbahasa Indonesia” penerbit Tiga Serangkai. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini diperoleh empat simpulan. Pertama, buku teks A (Erlangga) dan B (Yudhistira) menunjukkan kesesuaian sebesar 97,15 % dan termasuk kriteria sangat sesuai dengan standar isi. Kedua, Buku teks C (Ganeca Exact) dan D (Gelora Aksara Pratama) menunjukkan kesesuaian materi sebesar 88,58% dan termasuk kriteria sangat sesuai dengan standar isi. Ketiga, Buku teks F (Piranti) menunjukkan kesesuaian materi sebesar 88,58% dan termasuk kriteria sesuai dengan standar isi. Keempat, Buku E (Remaja Rosda Karya) dan G (Tiga Serangkai) memilki kesesuaian materi sebesar 85,72% juga termasuk kriteria sesuai dengan standar isi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Materi, Buku Teks Bahasa Indonesia, Standar Isi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 May 2015 04:02
Last Modified: 29 Jan 2019 22:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18232

Actions (login required)

View Item View Item