STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN STRATEGI REAP (Reading, Encoding, Annotating, Pondering) DAN STRATEGI KWL (What I know, What I Want to Know, What I Have Learned) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII MTs N 1 YOGYAKARTA

Mirzana, Aprilina Zulia (2014) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN STRATEGI REAP (Reading, Encoding, Annotating, Pondering) DAN STRATEGI KWL (What I know, What I Want to Know, What I Have Learned) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII MTs N 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aprilina Zulia Mirzana 09201241011.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran membaca pemahaman siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi REAP dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi KWL pada siswa kelas VIII MTs N 1 Yogyakarta dan (2) mengetahui manakah yang lebih efektif antara pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi REAP dan pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi KWL pada siswa kelas VIII MTs N 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 1 Yogyakarta. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, kelas VIII B terpilih sebagai kelompok eksperimen REAP, dan kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen KWL. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Uji beda dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 20. Hasil analisis uji-t skor posttest kemampuan membaca pemahaman kelompok eksperimen REAP dan kelompok eksperimen KWL menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,953>2,00) pada taraf signifikansi 5% dengan db 62 dan p lebih kecil dari taraf signifikansi (0,00<0,05). Kenaikan skor rata-rata kelompok eksperimen REAP adalah sebesar 3,75, sedangkan kenaikan skor rata-rata pada kelompok eksperimen KWL adalah sebesar 2,38. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang yang signifikan antara siswa kelas VIII MTs N 1 Yogyakarta yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi REAP dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi KWL dan (2) pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VIII MTs N 1 Yogyakarta menggunakan strategi REAP terbukti lebih efektif daripada pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi KWL.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, strategi REAP, strategi KWL
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 May 2015 03:59
Last Modified: 29 Jan 2019 22:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18231

Actions (login required)

View Item View Item