PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERITA BERBASIS ADOBE FLASH CS5 DENGAN TEKNIK LATIHAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA UNTUK SISWA SMP

Sari, Anita Puspita (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERITA BERBASIS ADOBE FLASH CS5 DENGAN TEKNIK LATIHAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA UNTUK SISWA SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anita Puspita Sari 10201241003.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan sebuah media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS5 yang ditinjau dari aspek materi pembelajaran, isi pembelajaran, tampilan media, dan pemrograman media. Pemilihan software Adobe Flash CS5 dikarenakan software ini memiliki fitur-fitur yang mampu mengerjakan segala hal yang berkaitan dengan multimedia sehingga dapat membuat media pembelajaran yang interaktif. Media pembelajaran Berita dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita pada kelas VII yang menggunakan Kurikulum 2013 dan untuk kelas VIII pada KTSP 2006. Media pembelajaran Berita telah dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media melalui validasi yang telah dilaksanakan. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan mengacu pada prosedur pengembangan Borg dan Gall (1983) yang disederhanakan hanya pada batas uji validasi ahli dan revisi produk. Pengambilan data dilakukan dengan validasi ahli, yaitu ahli materi dan ahli media. Analisis data dilakukan degan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif dengan menggunakan pedoman skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi ahli yang dilihat dari aspek materi pembelajaran, isi pembelajaran, tampilan media, dan pemrograman media. Aspek materi pembelajaran berkategori “sangat baik” dengan nilai rata-rata 4.3 dan tingkat kelayakan 86%. Aspek isi pembelajaran berkategori “sangat baik” dengan nilai rata-rata 4.7 dan tingkat kelayakan 94%. Aspek tampilan media berkategori “baik” dengan nilai rata-rata 3.7 dan tingkat kelayakan 74%. Aspek pemrograman media berkategori “sangat baik” dengan nilai rata-rata 4.3 dan tingkat kelayakan 86%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, menulis teks berita, Adobe Flash CS5
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 May 2015 03:57
Last Modified: 29 Jan 2019 22:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18230

Actions (login required)

View Item View Item