Wijanarko, Agung Dwi (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 6 KOTA MAGELANG SEBAGAI PELAKSANA KURIKULUM 2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Agung Dwi Wijanarko 10201244004.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, pertama menguji keefektifan penggunaan strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran membaca pemahaman teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMPN 6 Kota Magelang, kedua mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan strategi CIRC dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi CIRC pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Magelang, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Magelang. Penentuan kelompok kontrol dan eksperimen dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil undian diperoleh siswa kelas VII A sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas VII C sebagai kelompok eksperimen. Data diperoleh dengan instrumen berupa tes membaca pemahaman. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Validitas isi dicapai melalui expert judgement. Penghitungan validitas butir soal menggunakan teknik Korelasi Product Moment dari Pearson. Reliabilitas instrumen dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Koefisien reliabilitas tes adalah 0,661. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum diadakan analisis data, lebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yang berupa uji normalitas sebaran data dan homogenitas varian. Dari hasil tersebut terbukti bahwa skor pretest dan posttest kedua kelompok normal dan homogen. Hasil penelitian ini adalah pertama, penerapan strategi CIRC efektif pada pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMPN 6 Kota Magelang. Hal tersebut dibuktikan dengan gainskor kelompok eksperimen sebesar 3,41; dengan nilai th pretest dan posttest sebesar 2,469; P= 0,016 (0,016<0,05=signifkan). Pada kelompok kontrol terjadi peningkatan sebesar 0,93; dengan nilai th pretest dan posttest -306; P= 0,761(0,761>0,05≠signifikan). Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan strategi CIRC dan siswa yang diajar tanpa menggunakan CIRC. Hal tersebut dibuktikan dengan uji-t yaitu th sebesar 3,142 pada taraf signifikansi 5%, selanjutnya nilai P sebesar 0,003 (0,003<0,05=signifikan).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, cooperative integrated reading and composition (CIRC), membaca pemahaman |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 06 May 2015 03:54 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18229 |
Actions (login required)
View Item |