PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ADOBE FLASH CS5 PROFESSIONAL PADA MATERI MENYIMAK LEGENDA RAWA PENING UNTUK SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Erwianisya, Prima (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ADOBE FLASH CS5 PROFESSIONAL PADA MATERI MENYIMAK LEGENDA RAWA PENING UNTUK SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Prima Erwianisya 07205241002.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menjelaskan tahap-tahap pembuatan media pembelajaran berbasis aplikasi Adobe Flash CS5 Professional pada materi menyimak Legenda Rawa Pening untuk siswa kelas VIII SMP; (2) menjelaskan evaluasi kualitas media pembelajaran menyimak Legenda Rawa Pening oleh dosen ahli materi serta dosen ahli media; (3) menjelaskan tanggapan guru bahasa Jawa serta siswa kelas VIII terhadap kualitas media pembelajaran menyimak Legenda Rawa Pening. Penelitian ini tergolong jenis penelitian Research and Development (R&D). Tahap-tahap yang dilalui pada penelitian ini yaitu (1) tahap analisis, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap validasi serta ujicoba, (5) tahap akhir media. Produk media pembelajaran ini dievaluasi oleh dosen ahli materi serta dosen ahli media dengan validasi sampai mendapat kualitas media yang baik serta layak diujicoba di sekolah. Selanjutnya dilakukan penilaian oleh guru Bahasa Jawa serta ujicoba media pada siswa. Cara mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan angket. Cara menganalisis data hasil validasi media pembelajaran serta tanggapan siswa dengan analisis deskriptif untuk mengetahui kualitas media serta kelayakan media pembelajaran menyimak Legenda Rawa Pening. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil evaluasi kualitas media oleh dosen ahli materi yang terbagi menjadi dua aspek mendapat rata-rata persentase 84% yang masuk kategori sangat baik, evaluasi oleh dosen ahli media yang terbagi menjadi dua aspek mendapat rata-rata persentase 80% yang tergolong baik; serta 2) evaluasi kualitas media menurut tanggapan guru Bahasa Jawa media ini mendapat rata-rata persentase 94% yang masuk kategori sangat baik, hasil angket tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran menyimak Legenda Rawa Pening mendapat rata-rata persentase 82,85% yang masuk kategori sangat setuju. Persentase siswa yang dapat mencapai standar KKM pada saat mengerjakan gladhen (evaluasi) di media 90,32%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran menyimak Legenda Rawa Pening dapat menarik perhatian siswa serta memudahkan siswa memahami materi pembelajaran legenda bahasa Jawa (Rawa Pening).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media, Adobe Flash, menyimak, legenda
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa > Pendidikan Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 06 May 2015 03:30
Last Modified: 19 Oct 2020 05:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18221

Actions (login required)

View Item View Item