UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 3 DEPOK

SUPRAPTININGRUM, . (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 3 DEPOK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1_ hlmn depan 08.12.034 Sup u.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ ABSTRAK 08.12.034 Sup u.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_ BAB I 08.12.034 Sup u.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_ BAB II 08.12.034 Sup u.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_ BAB III 08.12.034 Sup u.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_ BAB IV 08.12.034 Sup u.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_ BAB V & DAFTAR PUSTAKA 08.12.034 Sup u.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.lampirank 08.12.034 Sup u.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatan keaktifan dan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode inkuiri. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan keaktifan dan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII D SMP Negeri 3 Depok melalui penerapan metode inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat komponen: perencanaan (plan), pelaksanaan dan pengamatan (act & observe), dan refleksi (reflect). Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila rata-rata persentase indikator keaktifan dan kerjasama siswa mencapai minimal 75%. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran IPS telah memberikan kontribusi terhadap tingginya keaktifan dan kerjasama siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Depok. Penerapan metode inkuiri mampu meningkatkan keaktifan dan kerjasama siswa karena dalam pembelajaran menggunakan metode inkuiri siswa dituntut untuk selalu aktif dan bekerjasama dalam kegiatan inkuiri, seperti mengidentifikasi masalah, merumuskan masalah, membuat hipotesis menganalisis permasalahan secara kelompok. Pemberian reward ternyata juga mampu meningkatkan keaktifan dan kerjasama siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase keaktifan dan kerjasama siswa pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata keaktifan siswa dalam pembelajaran mencapai 47,76%, pada siklus II rata-rata keaktifan siswa dalam pembelajaran mencapai 77,96%. Pada siklus I rata-rata kerjasama siswa mencapai 40,92%, pada siklus II rata-rata kerjasama siswa dalam pembelajaran mencapai 77,75%. Berdasarkan perolehan hasil ratarata keaktifan dan kerjasama siswa pada siklus I dan siklus II yang telah dipaparkan sebelumnya menunjukkan bahwa penelitian ini sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yang telah ditentukan yaitu sebesar 75% atau lebih. Kata Kunci: Inkuiri, Keaktifan, Kerjasama Siswa, Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 05 May 2015 06:08
Last Modified: 29 Jan 2019 22:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18176

Actions (login required)

View Item View Item