Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Kepercayaan Diri Matematika Siswa SMP Kelas VIII

Sopia, Hanna Filen (2015) Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Kepercayaan Diri Matematika Siswa SMP Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hanna-filen-sofia-13709251052.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik; dan 2) pembelajaran yang lebih efektif antara pendekatan realistik dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan kepercayaan diri matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol pretes-postes beracak. Penelitian ini menggunakan satu kelompok eksperimen (pendekatan realistik) dan satu kelompok kontrol (pembelajaran konvensional). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pandeglang sebanyak sembilan kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak. Data hasil penelitian dianalisis dengan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) untuk mengetahui perbedaan keefektifan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah itu dilanjut dengan uji univariat independent sample t-test untuk melihat apakah pendekatan realistik lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik digunakan one sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pendekatan realistik efektif terhadap pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa terhadap matematika, namun tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa; 2) terdapat perbedaan keefektifan antara pendekatan realistik dengan pembelajaran konvensional; dan 3) pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik lebih efektif dari pembelajaran konvensional ditinjau dari prestai belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan kepercayaan diri matematika siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan realistik, prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, kepercayaan diri
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 May 2015 00:19
Last Modified: 09 May 2019 02:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18154

Actions (login required)

View Item View Item