UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION KELAS XI IPS 1 SMAN 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Setiawan, Feri Candra (2013) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION KELAS XI IPS 1 SMAN 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan 09.07.022 Fer u.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak 09.07.022 Fer u.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I 09.07.022 Fer u.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II 09.07.022 Fer u.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III 09.07.022 Fer u.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV 09.07.022 Fer u.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V 09.07.022 Fer u.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Pustaka 09.07.022 Fer u.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran dikatakan berhasil apabila dapat membawa perubahan tingkah laku, pengetahuan dan keterampilan. Faktor yang mendukung pembelajaran diantaranya sikap siswa, sarana prasarana dan kemampuan tenaga pendidik dalam mengembangkan pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui realitas pembelajaran kelas XI IPS 1 SMAN 1 Srandakan, (2) mengetahui peningkatan minat belajar siswa melalui penerapan Group Investigation, (3) mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan metode Group Investigation di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Srandakan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas atau (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam tiga siklus dimana masing-masing siklusnya dilaksanakan dalam dua pertemuan. Proses pengambilan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan angket. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian menunjukkan hasil bahwa penerapan metode Group Investigation mengalami peningkatan terhadap minat belajar siswa. Ditunjukkan dari pengamatan yang dilakukan dengan menyebarkan angket minat siswa sebelum dan sesudah tindakan. Peningkatan minat belajar siswa terlihat dari siklus I sebelum tindakan sebesar 59,00% dan sesudah tindakan sebesar 64,00% mengalami peningkatan sebesar 5%. Pada siklus II sebelum tindakan sebesar 63,00% dan sesudah tindakan sebesar 74,00% mengalami peningkatan sebesar 11%. Pada siklus III sebelum tindakan sebesar 71,00%, sesudah tindakan sebesar 86,00% mengalami peningkatan 15%. Penelitian melalui penerapan metode Group Investigasion memiliki kelebihan yaitu siswa menjadi aktif dan berfikir kritis dalam menghadapi permasalahanya. Kelemahanya terdapat pada siswa yang lemah mengantungkan pada yang pandai sehingga diperlukan bimbingan dari guru. Kata Kunci : Metode Group Investigation,Minat Siswa,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 05 May 2015 03:42
Last Modified: 29 Jan 2019 22:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18151

Actions (login required)

View Item View Item