Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Trigonometri dengan menggunakan Pendekatan Problem Posing dan Pendekatan Open-Ended ditinjau dari Higher Order Thinking Skills Siswa SMA

Nurina, Dasih Lelani (2015) Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Trigonometri dengan menggunakan Pendekatan Problem Posing dan Pendekatan Open-Ended ditinjau dari Higher Order Thinking Skills Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dasih-lelani-nurina-11709251017.swf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pembelajaran trigonometri dengan pendekatan problem posing dan pendekatan open-ended ditinjau dari higher order thinking skills (HOTS) siswa SMA; dan 2) Perbandingan keefektifan pendekatan problem posing dan pendekatan open-ended ditinjau dari higher order thinking skills (HOTS) siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Bantul, yaitu sebanyak 165 siswa yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang ditentukan secara acak, yaitu kelas X.4 dan X.6. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes higher order thinking skills (HOTS) yang terdiri dari soal pretest dan posttest, dengan koefisien reliabilitas r = 0,823, serta standard error of measurement (SEM) = 2,023. Teknik analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis data inferensial meliputi: 1) one sample t-test yang digunakan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan problem posing dan pendekatan open-ended pada variabel higher order thinking skills (HOTS); 2) uji t digunakan untuk menganalisis pendekatan yang lebih efektif digunakan dalam pembelajaran trigonometri ditinjau dari higher order thinking skills (HOTS) antara kelas yang menggunakan pendekatan problem posing dan kelas yang menggunakan pendekatan open-ended. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan problem posing efektif ditinjau dari higher order thinking skills (HOTS); 2) pendekatan open-ended efektif ditinjau dari higher order thinking skills (HOTS); 3) Pendekatan open-ended tidak lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan problem posing ditinjau dari higher order thinking skills (HOTS).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem posing, open-ended, Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 May 2015 00:19
Last Modified: 09 May 2019 02:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18148

Actions (login required)

View Item View Item