Suprapto, Wasis (2015) Pengembangan Materi Pembelajaran IPS dengan Tema Antikorupsi dalam Bentuk Komik Digital untuk Siswa Kelas VII SMP. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-wasis-suprapto-13705251042.swf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan serta keefektifan materi pembelajaran IPS dengan tema antikorupsi dalam bentuk komik digital untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang divalidasi pada tiga sekolah yaitu SMP Negeri 8 Yogyakarta, SMP Negeri 15 Yogyakarta, dan SMP Pangudiluhur 1 Yogyakarta dengan subjek penelitian siswa kelas VII. Penelitian ini terbagi menjadi tiga tahap uji coba yaitu uji coba satu-satu dengan jumlah 15 siswa, uji coba kelompok kecil 30 siswa, uji coba lapangan 90. Keefektifan komik digital yang dikembangkan dilakukan dari hasil uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli materi dan media, angket, dan tes dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) kelayakan menurut ahli materi adalah 3,83 atau sangat tinggi dan ahli media adalah 3,57 atau sangat tinggi. (2) keefektifan pembelajaran pada aspek kognitif adalah 3,31 atau tinggi; aspek afektif untuk nilai religius adalah 3,21 atau tinggi, nilai kejujuran adalah 2,85 atau tinggi, nilai tanggung jawab adalah 2,96 atau tinggi, dan nilai kerja keras adalah 3,05 atau tinggi; aspek psikomotorik adalah 3,18 atau tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan komik digital antikorupsi dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPS kelas VII SMP.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan materi pembelajaran IPS, tema antikorupsi, dan komik digital. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 06 May 2015 00:19 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |