Pengaruh Frekuensi Pemberian Latihan Soal Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Semester Gasal SMA Muhammadiyah Bantul Tahun Pelajaran 2010/2011

Widarti, - (2011) Pengaruh Frekuensi Pemberian Latihan Soal Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Semester Gasal SMA Muhammadiyah Bantul Tahun Pelajaran 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Pengaruh Frekuensi Pemberian Latihan Soal Terhadap.docx

Download (13kB)
[img] Text
bab1-3 .docx

Download (47kB)
[img] Text
bab 4-5.docx

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kimia, antara siswa yang diberi soal dengan siswa yang tidak diberi soal. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kimia dengan pemberian latihan soal yang berbeda frekuensinya. (3) Untuk mengetahui jumlah frekuensi pemberian latihan soal yang tepat untuk disampaikan kepada siswa, agar memberikan hasil belajar yang optimal. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Bantul, dengan jumlah 84 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini Variabel bebas adalah frekuensi pemberian latihan soal, variabel terikat adalah hasil belajar siswa berupa nilai latihan soal dan variabel kontrol adalah guru, materi, soal pretest dan soal hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan pre test dan post test. Analisis data menggunakan analisis varian damultiple comparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang diberi latihan soal dengan kelompok yang tidak diberi latihan soal. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung = 38,076 lebih besar dari F tabel = 3,11. (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang diberi latihan soal setiap kali pertemuan dengan kelompok yang diberi latihan soal setiap dua pertemuan sekali. Hal ini ditunjukkan dengan uji multiple komparasi yang menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara masing-masing kelompok. (3) pemberian latihan soal dengan frekuensi setiap kali pertemuan akan lebih baik dibandingkan dengan pemberian latihan soal dengan frekuensi setiap dua pertemuan sekali. Hal ini ditunjukkan dengan grafik means plot bahwa kelompok yang diberi latihan soal dengan fekuensi setiap kali pertemuan mempunyai nilai yang lebih baik dari kelompok lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 05 May 2015 03:03
Last Modified: 29 Jan 2019 22:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18132

Actions (login required)

View Item View Item